Rabu, 29 Februari 2012

Manajemen Waktu


MANAJEMEN WAKTU
I.            Pendahuluan
Banyak kasus disuatu organisasi tidak dapat terlesesaikan seluruhnya karena tidak ditepatinya waktu penyelesaian ( Dedline ) anggaran yang berlebihan, dan kegiatan lain yang menyimpang dari rencana semula.[1]
Betapa seringnya kita mendengar pepatah yang mengatakan “Waktu Adalah Uang. Tapi sebenarnya betapa banyak diantara kita yang benar-benar dapat memenafaatkan waktu?. Sebenarnya jika anda ingin mengatur kehidupan anda dan membuatnya menyenangkan, sebagai permulaan yang anda butuhkan adalah mengatur waktu anda. Tak perlu menanyakan lagi, pengaturan waktu yang efektif merupakan hal yang mendasar untuk lingkup wilayah berbagai kehidupan. Pada kenyataannya, seringkali  terdapat perbedaan antara pencapayaian kehidapan sejati dan orang-orang yang, meski sibuk tak pernah sampai pada titik dimanapun.[2]

II.         Permasalahan
Adapun permasalahan yang terdapat pada makalah manajemen waktu ini anatara lain adalah:
A.    Siklus Manajemen Waktu
B.     Analisi Kegaiatan
C.     Menghimpun Waktu Melaui Catatan Waktu
D.    Memikul Tanggungjawab Pribadi
E.     Kenali Kendala Umum Dalam Manajemen Waktu Anda
F.      Manajemen Waktu Ala Rasulullah SAW

III.      Pembahasana
Waktu adalah sumber daya yang tidak dapat kita beli atau jual, kita bagi dengan orang lain atau bahkan kita mabil dari mereka. Waktu tidak dapat kita tambah atau kurangi, setiap hari kita memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam. Apa yang kita lakukan dengan  waktu itulah  yang membedakan. Orang yang berhasil memaksimalkan penggunaan waktu mereka mungkin menerapkan teknik dan sistem yang berbeda-beda, namun memiliki visi tentang bagaimana mereka ingin menggabiskan waktu, visi yang mengandung kesadaran tentang priorits. Mereka tahu apa yang ingin mereka lakukan dengan waktu mereka.[3]

A.    Siklus Manajemen waktu
Manajemen waktu "sistem" sering gagal karena mereka dilahirkan dari perfeksionisme dan harapan yang tidak realistis. Misalnya, beberapa orang tidak melakukan pendekatan manajemen waktu sampai mereka sudah tertinggal di belakang dalam pekerjaan mereka, mereka melakukan manajemen waktu sebagai alat untukmengajar.
           Rencana awal mereka cenderung menjejalkan dalam segala hal yang harus mereka lakukan tanpa sesuai waktu yang dibutuhkan. Yang realistis rencana yang muncul dari "Manajemen Waktu Catch-Up" jumlah yang sedikit lebih dari ekspresi motivasi baru untuk perubahan tetapi tanpa struktur untuk mendukungnya.
           Mereka berusaha mengikuti jadwal penuh sering jatuh serius di balik langkah dimaksudkan mereka dan meninggalkan rencana sama sekali, sehingga masalah waktu lanjutan. Beberapa menyimpulkan entah bagaimana bahwa strategi perencanaan tidak bekerja untuk mereka. Tapi, yang penting adalah tidak sempurna, itu adalah membuat dan menggunakan rencana yang membantu Anda mencapai tujuan Anda.
                Salah satu pilihan terbaik untuk sistem manajemen waktu adalah untuk mulai menggunakan sistem siklus pada awal tahun akademik. Biasanya sistem dimulai dengan proses penetapan tujuan untuk membentuk suatu konteks untuk mengelola waktu. Tahap berikutnya dari sistem pelacakan melibatkan waktu dan mengembangkan kesadaran untuk mana Anda menghabiskan waktu Anda.
Tahap ketiga dari siklus ini adalah membuat rencana, dan ini bisa termasuk membuat to-do list, rencana mingguan, rencana bulanan dan rencana jangka panjang. Tahap keempat sistem pemantauan diri tindakan Anda.
Cukup melibatkan pemantauan memperhatikan seberapa baik Anda bekerja rencana Anda, bagaimana Anda rencanakan secara akurat, seberapa baik Anda telah diperkirakan untuk berbagai acara dan sebagainya. Ide-ide untuk pemantauan diri datang dari penelitian yang penting terhadap siswa-regulasi diri akademik yang menekankan pentingnya adaptasi dalam keberhasilan siswa.
             Tahap akhir siklus adalah pergeseran waktu dan menyesuaikan (yaitu, perubahan di mana Anda menghabiskan waktu Anda untuk lebih cocok dengan penggunaan dimaksudkan waktu) di mana Anda melakukan koreksi ke sistem sebelum memulai siklus itu lagi di goal setting.Secara keseluruhan, fase ini mengizinkan Anda untuk menginisialisasi proses bertahap, peningkatan kinerja berbasis keterampilan manajemen waktu.[4]

B.     Analisi Kegaiatan
Untuk dapat mengelola waktu dengan baik, anda harus tahu apa saja yang sedang  anda kerjakan sekarang dengan waktu anda. Langkah pertama adalah menganalisis kegiatan sederhana berarti menyusun daftar hal-hal yang benar-benar anda kerjakan dalam pelaksaan tugas. Ini juga berarti bahwa anda membuat daftar prilaku dan bukan uraian tanggung jawab.
1.    Mengalisis kegiatan
2.     Memeriksa kelengkapan daftar kegiatan anda
3.    Menetapkan prioritas
Menetapakn prioritas berarti memilih bagian tugas yang penting. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan sistem “ABC” yang membagi kedalam kategori tersebut A = amat pebting (mutlak perlu), B = bermanfaat, C = Cuma buang waktu.[5]

C.    Menghimpun Waktu Melaui Catatan Waktu
Sajauh ini kita telah membicarakan manajemen waktu yang tergantung pada ingatan dan perkiraan tentang cara kita menggunakan waktu. Untuk memeriksa apakah ingatan dan pikiran itu, anda perlu mengumpulkan informasi yang dapat di percaya melalui penggunaan catatan waktu.
Catatan waktu pada dasarnya merupakan alat berupa lembaran kerta yang anda gunakan untuk mencatat hal-hal yang anda kerjakan dari waktu-waktu dalam satu hari.[6]

D.    Memikul Tanggungjawab Pribadi
Menyalahkan orang lain dan melemparkan tanggung jawab kepihak lain tidak akan membantu anda menyelesaikan tugas, tetapi ini akan membantu orang lain memperoleh citra yang benar ,tentang anda, citra bahwa anda mencari-cari alasan bagi kegagalan anda.
Manajer diharapkan mampu bekerja dibawah tekanan, bekerja dalam pedoman-pedoman yang ketat. Jika anda tidak siap untuk meneliti bagaimana anda menggunakan waktu, dan mau mencari tehknik  dan pendekatan baru yang mungkin berarti harus membuang beberapa kebiasaan manajerial anda yang lama, maka anda akan selalu didesak waktu dan tidak pernah mewujudkan potensi anda yang sebenarnya.
Bila anda menyadari bahwa ada 3 bidang dalam kehidupan pekerjaan anda dari mana tugas-tugas dapat muncul, dan bahwa anda bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugas-tugas itu berdasarkan urutan prioritas, maka anda akan dapat menjadi manajer yang lebih baik.[7]

E.     Kenali Kendala Umum Dalam Manajemen Waktu Anda
Masalah macam apa yang menghalangi anda membagi waktu? Berikut ini beberapa kesulitan yang harus di hadapi banyak orang:
1.      Lingkungan kerja yang menuntut, bising dan kacau.
2.      Ruang kerja yang tidak terorganisir dengan baik
3.      Kecenderungan untuk menunda pekerjaan yang harus di kerjakan sekarang.
4.      Rapat yang tidakn efisien dan perjalanan yang tidak perlu.
Mengenali masalah adalah langkah pertama untuk memecahkannya. Jangan merasa kewalahan, tangani rintangan satu demi satu, pecahkan dan terus atasi.[8]

F.     Manajemen Waktu Ala Rasulullah SAW
Sekarang, mari luangkan waktu sebentar untuk belajar kepada seseorang yang mendapat predikat Orang Paling Sukses No. 1 Di Dunia Dalam Manajemen Waktu. Siapakah dia?
Dialah, Rasulullah, Muhammad SAW, orang paling sukses dalam hal manajemen waktu. Berikut ini adalah 4 tips manajemen waktu yang terinspirasi oleh Hadits Rasulullah SWA seperti yang diriwayatkan oleh Ibn Umar.
1.    Milikilah Mentalitas Pengembara Atau Perantau
Jalanilah waktu seolah-olah Anda seorang asing yang sedang merantau. Waktu Anda begitu terbatas. Anda berada di tempat orang lain, harus segera pulang dengan membawa kabar baik dan oleh-oleh yang menyenangkan buat keluarga. Hidup adalah merantau meskipun dari lahir sampai mati tak beranjak dari kampung halaman sendiri. Maka buatlah daftar, jadwal dan target  yang jelas dan tegas untuk segala aktifitas Anda.
2.    Milikilah Sikap Penyebrang Jalan
Anda harus menyebrang untuk segera melanjutkan perjalanan. Mata Anda harus selalu waspada lihat kiri kanan. Pendengaran Anda harus siaga menangkap arah suara kendaraan. Begitu jalanan lengang, segera menyebrang, waktu Anda sangat singkat. Terlambat sebentar saja, kesempatan itu hilang, Anda tidak bisa menyebrang, atau malah celaka tertabrak kendaraan. Maka biasakanlah berpikir cepat, mengambil keputusan secara cepat, dan belajar dengan cepat.
3.    Jangan Pernah Menunda-Nunda Pekerjaan
Pekerjaan sore hari, selesaikan di sore hari. Pekerjaan pagi selesaikan pagi hari. Tidak ada sore dan pagi yang sama dalam satu hari. Menunda pekerjaan sesungguhnya sama dengan menumpuk beban. Saat menunda Anda mungkin berpikir ingin menikmati suasana santai dan tenang, padahal sebenarnya Anda sedang menabung kesibukan yang nanti lelahnya tidak akan terobati oleh santai sesaat itu.
4.    Manfaatkan Kesempatan Sekecil Apa Pun Untuk Kebaikan
Maukah Anda menjadi orang yang saat sakit atau saat tua kelak, hanya terdiam lemah tapi pahala kebaikan mengunjungi Anda tiapa saat? Seperti pensiunan, yang karena kerja kerasnya saat masih aktif, dia tinggal menunggu gaji tiap bulan tanpa kerja lagi. Itu bias Anda raih dengan memperbanyak dan membiasakan kebaikan selagi mampu melakukanya. Biasakan, bukan sesekali saja atau asal.[9]
IV.      Kesimpulan
Adapun kesimpulannya adalah:
A.    Kita dapat mengelola waktu secara efektif .
B.     Untuk dapat mengelola waktu dengan baik, harus dikethui apa saja yang sedang kuta kerjakan sekarang dengan waktu kita. Langkah pertama dengan menganalisis kegiatan.
C.     Dalam manajemen waktu menetapakan prioritas kegiatan sangat penting artinya. Menetapakan prioritas berarti memilih bagian tugas yang penting.
D.    Dengan mengalokasikan waktu kita memiliki rencana pribadi dalam upaya mencapai keberhasilan pelaksaan tugas.

V.         Penutup
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Ilahi Robbi atas segala nikmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan kepada penulis hanya dengan pertolongan dan ridho Allah SWT, akhirnya penulisan makalah Manajemen Pendidikan Islam 2 yang berjudul “Manajemen Waktu” ini dapat selesai tepat waktu, penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini tentunya jauh dari kesempurnaan, sebab tiada gading yang tak retak dan tidak ada manusia yang tidak berbuat salah. Oleh karena itu, saran, kritik dan masukan yang bersifat konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan demi tercapainya kesempurnaan tugas-tugas penulis mendatang.


DAFTAR PUSTAKA
Dharma, Agus, Manajemen Supervise (Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor), (PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2006), Cet: ke 6
E. Atkinso, Philip,  Manajemen Waktu Yang Efektif, (Binarupa Aksara: Jakarta, 1991)
Purwato, Sigit,  Pocket Mentor Manajemen Waktu (Erlangga: Jakarta, 2007).
WEBSITE




[3] Sigit Purwato, Pocket Mentor Manajemen Waktu (Erlangga: Jakarta, 2007).hal. 4
[5] Agus Dharma, Manajemen Supervise (Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor), (PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2006), Cet: ke 6. hal.420-425
[6] Ibid, hal.438
[7]  Philip E. Atkinso, Manajemen Waktu Yang Efektif, (Binarupa Aksara: Jakarta, 1991) Hal.23
[8]  Sigit Purwato,  Op.Cit. hal.46

1 komentar:

  1. The Best Las Vegas Casino Deals & Discounts - MapYRO
    The 안양 출장안마 best Las Vegas 창원 출장안마 casino deals & promo codes. Save big money and browse Las Vegas casino real money The Best 상주 출장안마 Las 하남 출장마사지 Vegas Casino Deals and Discounts. 아산 출장샵

    BalasHapus